Kegiatan Pendidikan Dasar Mapala Erapala Angkatan XIII: Pembelajaran Ilmu Medan Peta Kompas pada Hari ke-2 Tanggal 5 Maret 2023 untuk Memahami Medan dan Menjaga Lingkungan di Alam Terbuka


Kegiatan Pendidikan Dasar Mapala Erapala Angkatan XIII: Pembelajaran Ilmu Medan Peta Kompas pada Hari ke-2 Tanggal 5 Maret 2023 untuk Memahami Medan dan Menjaga Lingkungan di Alam Terbuka





Pendidikan dasar Ruangan Mapala Erapala Angkatan XIII hari ke-2 pada tanggal 5 Maret 2023, diisi dengan materi tentang ilmu medan peta kompas. Kegiatan tersebut melibatkan pemateri dari Mapalaska UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu Mas Mungil. Dalam kegiatan tersebut, Mas Mungil menjelaskan tentang penggunaan kompas dan peta.




Para anggota Mapala Erapala Angkatan XIII belajar tentang cara menggunakan kompas dan peta secara tepat dan efektif. Mereka belajar cara membaca peta dan mengidentifikasi berbagai simbol dan tanda yang terdapat pada peta. Selain itu, mereka juga belajar cara menggunakan kompas untuk menentukan arah dan orientasi di medan yang sulit, seperti hutan atau pegunungan.


Mas Mungil juga menjelaskan tentang resection dan interection di dalam medan pada , dan bagaimana hal itu mempengaruhi penggunaan peta dan kompas. Dia menekankan pentingnya memahami medan dan kondisi sekitar ketika menggunakan peta dan kompas, serta cara mengidentifikasi tanda-tanda alam yang bisa membantu dalam orientasi.





Kegiatan pendidikan dasar ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk orientasi dan bertahan hidup di alam terbuka. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para anggota Mapala Erapala Angkatan XIII tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan sekitar agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Dengan demikian, para anggota Mapala Erapala Angkatan XIII dapat menjadi generasi muda yang peduli dengan lingkungan dan mampu membawa perubahan positif bagi lingkungan sekitar.




Post a Comment

0 Comments