Comments

hthththrthrhr

Erapala Mengisi Materi Pendidikan Dasar Kokam Imogiri

Hari ahad (23/10) kemarin, erapala mendapat kepercayaan untuk mengisi materi di Pendidikan Dasar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Cab. Imogiri Bantul. Kegiatan yang dipusatkan di daerah selopamioro Bantul ini berlangsung 2 hari yaitu Sabtu dan ahad.

Erapala Melantik 4 Anggota Baru

Tanggal 18 - 20 Februari 2011 kemarin Erapala melaaksanakan kegiatan PPAM. PPAM itu sendiri singkatan dari "Purna Pendidikan Anggota Muda" atau biasa disebut Pelantikan Anggota Baru. Kegiatan yang dilaksanakan di Gunung Merbabu Jawa Tengah ini di ikuti oleh 4 Anggota Muda.

Dikjut Panjat di UNS Solo

Hari Ahad - Senin (6-7 Februari 2011)kemarin Erapala mendapat kesempatan belajar panjat dinding di Mapala Kompos Fak. Pertanian UNS. 3 Orang anggota muda erapala yaitu Lia, Agus dan Anggga di tempa untuk berlatih panjat dinding.

Erapala Juara Kelompok Umum Putra Pada PDT XXXIX

Erapala berhasil mendapatkan juara pada kegiatan pengembaraan rute siliwangi. Ini merupakan event dari Pramuka kota yogyakarta yang mengadakan kegiatan pengembaraan dengan menempuh rute Jogja - Kutoarjo Jawa Tengah.

Diklatsar II Erapala di Wanagama

Untuk menunjukkan eksistensi, Mahasiswa Pecinta Alam STMIK El Rahma Yogyakarta (Erapala) kembali merekrut anggota baru pada 2010 ini. dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar ( Diklatsar II ).

Outbound With CBN Jogja

Hari Sabtu 7 Agustus 2010 kemarin beberapa teman Mapala STMIK El Rahma (Erapala) bekerja sama dengan rekan – rekan Tagana Yogyakarta diminta bantuan untuk membantu kegiatan outbound CBN (Cegah Berantas Narkoba) Kota Yogyakarta di seputar Hutan Wisata Kali urang.

Pendakian Gunung Sindoro Jawa Tengah

Tanggal 30 Juli 2010 Mapala STMIK El Rahma Yogyakarta mengadakan kegiatan pendakian. Pendakian kali ini mengambil lokasi di Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah.

Thursday, July 12, 2012

Pendakian Gunung Merapi Jalur Selo Jateng 7 – 8 Juli 2012


Transportasi : Naik Motor
Menuju basecamp merapi di Selo : Start dari Jogja - Blabak Magelang. Dari Blabak Magelang - Ketep Pass - Ke  Selo : sekitar 1 jam
Terus setelah tiba di gerbang desa selo, sekitar 10 menit kita melewati jalan beraspal yang cukup menanjak tuk sampai ke basecamp.

Base Camp Merapi Jalur Selo Beserta Peta Pendakianya

Suasana di Base Camp (maaf jelek, pake kamera hp)

Kebetulan pas malam itu lagi ada pendakian massal dari solo dan boyolali, jadi ramai banget kayak pengungsi banjir.

Kita ringkas aja uraian trek sepanjang pendakian:
Dari base camp perjalanan dilanjutkan menuju joglo dengan jalur masih berupa jalan aspal dengan waktu tempuh kira-kira 10 menit.

Penampakan Joglo Dengan Tulisan NEW SELO

Dari Joglo, kita melanjutkan perjalanan jalan setapak kecil yang berada disamping tempat ini menuju pos Tugu I. jalur yang kita lewati masih didominasi ladang penduduk dengan medan batuan kecil dan tanah yang sangat berdebu karena pas musim kemarau.

Disarankan sebaiknya menggunakan masker pas musim kemarau karena medanya sangat berdebu.

Dari Pos I Perjalanan dilanjutkan menuju Pos Tugu II, dengan jalur yang curam dan penuh bebatuan besar. 

Istirahat sambil Foto-foto sebelum melanjutkan Perjalanan

Menuju pasar bubrah. medan pendakian masih serupa dengan medan pendakian sebelumnya.  
Menjelang pasar bubrah kita melewati beberapa memoriam yang berada pada sebuah dataran yang menjadi puncak sebuah punggungan. dari sini kita turun menuju pasar bubrah.Pasar bubrah berada pada sebuah lembahan yang dipenuhi batu - batu besar yang berserakan.

Sampai pasar bubrah langsung ndiriin tenda, bikin kopi, makan-makan dan nunggu sunrise sambil foto-foto.

Sunrise via Pasar Bubrah

Sunrise Via Pasar Bubrah

Narsis Dulu sebelum Masak...Yoman

Sarapan Mas Dab.

Setelah selesai sarapan kami melanjutkan perjalanan menuju ke puncak garuda, yang diperhitungkan kira-kira akan menempuh waktu sekitar 1 jam.
Jalur ke puncak garuda sangat curam, dengan jalan berpasir dan batuan vulkanis yang mudah longsor.


Medan Menuju Puncak Yang Sangat Curam
Medan Yang Sangat Curam dan Bebatuan Yang Mudah Longsor

Setelah menempuh waktu hampir 3 jam karena harus mengawal cewek-cewek. akhirnya kami sampai puncak garuda juga. Langsung ambil kamera dan cpret...cpreett...!!!


Mantap.
Foto Bareng Nak" Dari Solo.

Penampakan Kawah Dari Puncak. Serem Juga.


Setelah puas foto-foto di puncak, waktunya turun ke Camp kami di pasar bubrah.

Sampai di Camp, makan-makan dulu buat persiapan turun, packing dan jpret...!!!

Mantap.

Turun sampai di pendopo New Selo memakan waktu kira-kira 3 jam. Kami makan dulu di pendopo setelah itu turun lagi ke base camp, lapor, dan pulang.


Wednesday, July 4, 2012

Pendakian Gunung Sindoro 26-28 Mei 2012 Lewat Kledung Temanggung Jawa Tengah

Assalamulaikum wr wb
langsung saja berikut adalah catatan perjalanan kami dari Gunung Sindoro(3.136 mdpl) lewat jalur kledung temanggung jawa tengah .

Hampir saja terlewatkan oleh kami , salah satu gunung dari sekian banyak gunung di Jawa Tengah, yaitu Gunung Sindoro (3.136 mdpl). Dengan kondisi medan yang terjal, suhu yang dingin, hujan, angin, panasnya sengatan matahari serta tidak adanya sumber air menjadi tantangan utama bagi kami dalam pendakian kali ini.

Langsung saja berikut catatan perjalanan kami, Erapala(Adi, Bita, Adhe) bareng Simbah, A’ong, Endah, Indah dan Ika naik Gunung Sindoro lewat jalur pendakian Kledung Temanggung Jawa Tengah.

Transportasi Kami
Naik motor dari Jogjakarta ke Temanggung lewat jalur Magelang Kota dan temanggung. Berangkat jam 18.00 dengan lalu lintas yang cukup padat, sampai di kledung jam 21.30. Sempet dilarang masuk ke kledung karena lagi ada pengajian tapi akhirnya bisa masuk ke basecamp juga setelah kami diberi tahu suruh lewat jalan pintasnya.

Jika masih belum jelas di mana letak basecamp pendakian Gunung Sindoro, jangan malu bertanya kepada penduduk setempat.

Catatan Pendakian
Setelah sampai di basecamp sindoro, motor dimasukkan , kemudian mencatat di buku tamu ,trus bayar untuk parkir dan lain-lain, tidak lupa kami meninggalkan kartu identitas. Sambil ishoma, dan persiapan pendakian bisa melihat peta pendakian

Peta Pendakian Gunung Sindoro


Jam 22.00 : Mulai mendaki
setiap ada yang capek  kita berhenti istirahat 5-8 menit karena tujuan kita adalah fun dan tidak kejar target harus cepet sampe puncak. Perjalanan kami pun dibuat se have fun mungkin.

Jam 01.00 : Kita putuskan untuk beristirahat di pos 2, soalnya kayaknya dah pada ngantuk dan laper. Bekal pun dikeluarkan sambil bagi tugas ada yang buat mie, kopi dan api unggun, yang tidur juga ada.

Jam 01.45 : Melanjutkan perjalanan menuju pos 3
Menuju Pos III medan mulai terjal dan berbatu, jalan tanah bercampur kerikil seringkali menyulitkan pendakian kami. 

Jam 04.30 : Kita sampai di pos 3 diasambut alunan suara adzan yang masih terdengar sampai pos 3.
kemudian mendirikan tenda, sholat, bikin kopi sambil foto-foto

Bernarsis ria di Pos 3 dengan View Gunung Sumbing

Indahnya Sunrise di Pos 3

Masak-masak dulu sebelum melanjutkan perjalanan

Jam 11.00 : Melanjutkan perjalanan naik ke puncak, jarak puncak dari pos 3 masih jauh, sekitar 4 jam perjalanan menurut perhitungan kami sih.

Setiap lihat bukit., ayo sedikit lagi sampai puncak, ehhh...ternyata bukan puncak


Puncaknya koq belum kelihatan, cape deh...
Tinggal kira-kira 1 jam lagi sampai puncak malah turun hujan, tapi tetap tidak mengendurkan semangat kami


Jam 17.00 : Akhirnya sampai puncak juga
Langsung diriin tenda, ganti pakaian yang basah kuyup karena kehujanan tadi, gelar matras dan SB kemudian tidur.


Jam 21.00 : Bangun tidur, masak mie dan bikin kopi untuk menghangatkan badan.Kemudian lanjutin bobok.

Bangun jam 04.30 , beres-beres dan sholat subuh dulu, setelah itu foto-foto

View Gunung Sumbing, Merbabu dan Merapi dari puncak

Sunrise dari Puncak

Keliling Puncak
Setelah jemurin pakaian yang basah, kita naik dan keliling puncak untuk melihat pemandangan sekitar

Seperti Bukit Teletubies

Area Puncak Yang Luas Seperti Lapangan Bola

Narsis di Tugu Puncak Tertinggi dengan Latar Gunung Prahu Dieng

Area Kawah Dilihat dari Atas Puncak

Setelah capek keliling-keliling puncak, istirahat sambil.....

Makan-makan


Waktunya Turun
Jam 11.00 kita mulai turun, tapi sebelum turun gak afdol rasanya kalau belum foto bareng di puncak


Mantap...


 Sampai di basecamp jam 17.30. Total waktu turun kami sekitar 6,5 jam.



 Kiranya cukup sekian cerita dan catatan pendakian kami, semoga bermanfaat. ^_^
 Wassalamualaikum wr wb

Wednesday, March 21, 2012

Donor Darah ERAPALA bersama PMI Bantul


Alhamdulilah puji sukur yang sangat besar kita tujukan kepada tuhan yang maha kuasa,tgl 20 maret 2012 ERAPALA dan PMI Bantul telah melaksanakan bakti sosial di kampus kita STMIK ELRAHAMA,yaitu donor darah.

Kegiatan ini kami lakukan bekerja sama dengan PMI Bantul,sebagai pelaksana donor darah dan anggota kami dari erapala mencarikan pendonor dan sekaligus sebagai pendonor darah,alhamdulilah kegiatan kemarin telah lancar kami selenggarakan,kegiatan ini kami mulai dari jam 8 pagi sampai siang hari dan alhamdulilah juga banyyak pendonor yang berpartisipasi dalamkegiatan bakti sosial ini.



Kepada teman teman pendonor kami ucapkan terima kasih telah berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial kami,semoga apa yang telah teman teman korbankan akan bermanfaat bagi saudara saudara kita yang membutuh kan.dan akan dibalas dengan kebaikan oleh tuhan yang maha kuasa.

Dan kepada teman teman yg telah berpartisipasi dalam kegiatan kami,kami harapkan terus membantu kami dan terus bisa bekerja sama dalam kegiatan kami selanjutnya.dan kepada teman teman yang belum bisa berpartisipasi maka kami harapkan agar bisa berpartisipasi di kegiatan bakti sosial selanjutnya.

Friday, February 17, 2012

PELANTIKAN ANGGOTA MUDA ERAPALA ANGKATAN IV

Magelang Jateng - Hari sabtu (11/02/12) Erapala STMIK Elrahma Yogyakarta melakukan kegiatan pelantikan Anggota muda menjadi anggota penuh angkatan IV di daerah pegunungan Merbabu Magelang Jawa Tengah. Sesuai dengan agenda, kegiatan pelantikan ini berlangsung 2 hari 2 malam dari tanggal 11-12 februari 2012 dengan peserta sebanyak 4 orang anggota muda dan 9 orang anggota penuh ERAPALA. Berangkat dari Kampus STMIK Elrahma jam 06.00 wib menuju basecamp sanggar kidal merbabu jam 13.00 wib.

Dikatakan oleh koordinator lapangan Amru (catrox), sebenarnya kegiatan ini diikuti sebanyak 6 peserta dikarenakan 2 peserta ada kepentingan keluarga maka yang bisa hadir hanya 4 orang peserta. Pelantikan ini juga akan dilakukan dengan didahului dengan kegiatan rimba gunung dan materi yang lainnya sesuai dengan diklat sebelumnya. Dengan tujuan untuk mengasah keahlian anggota muda dalam mengimplementasikan ilmu yang didapatkan sebelumnya,serta dapat mengenal alam lebih dekat dan memupuk mental baja bagi calon anggota ERAPALA. Pelantikan ini adalah kegiatan wajib yang harus dilalui oleh peserta Anggota muda, dimana sebelumnya peserta juga sudah mendapatkan materi diklat ruang, diklat lapang dan dikjut. maka kegiatan pelantikan ini merupakan kegiatan puncak peserta untuk memenuhi syarat masuk menjadi anggota penuh ERAPALA.

Jalannya Pelantikan--
Tiba di basecamp Sanggar Kidal Lereng Gunung Merbabu jam 13.00 wib, peserta dan anggota ERAPALA beristirahat dan sholat. setelah selesai dilajutkan dengan makan dan sarasehan materi maupun kegiatan yang akan dilakukan. Dengan cuaca yang tidak menentu dan sangat dingin anggota dan peserta bersiap untuk mendaki gunung merbabu setelah matahari sudah meninggalkan wajahnya di ujung barat. Dengan badan yang mulai menggigil kedinginan dan kabut mulai menutupi lereng gunung merbabu, peserta dengan didampingi anggota Erapala  mulai menginjakan kaki keluar basecamp (tentunya dengan berdoa dulu Sob).

Dengan berjalan sekitar 4 jam sampailah peserta sampai dipos 2 Gunung Merbabu. Tentunya perjalanan sangat sulit dikarena pada saat itu cuaca sangat dingin dan sesekali hujan ringan yang mengguyur Gunung Merbabu.
                                                                                                                                                                                                                                

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More