Pengenalan Karakteristik Gunung Merapi


Tanggal 13 - 14 Maret kemarin Erapala mengadakan kegiatan Pengenalan Karakteristik Gunung Merapi. Kegiatan yang di ikuti oleh 10 peserta ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang karakter dari gunung merapi. Berangkat dari jogja sekitar pukul 12.00 erapala sampai di basecamp selo boyolali sekitar pukul 16.00. Perjalanan menyusuri kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sendiri di mulai pukul 19.30. Pada malam itu, banyak juga teman - teman sesama pegiat alam bebas mendaki gunung merapi. Di tengah perjalananpun erapala sempat menemui beberapa teman dari semarang yang sedang ada masalah. Ada salah satu anggota mereka yang sakit asma. Dalam keadaan dingin itu teman - teman erapala sempat memberikan sedikit pertolongan agar teman yang sakit itu lekas membaik. Perjalanan dilanjutkan dengan menemui hujan yang deras. Sampai di tampat ngecamp ( sebelum geger boyo ), langsung mendirikan doom, karena kondisi pada saat itu masih hujan.
Perjalanan menuju puncak di teruskan keesokan harinya sekitar pukul 07.30. Teman - teman sangat semangat menyusuri jalur menuju puncak yang amat curma tersebut. Mereka dapat belajar, karakter dari gunung yang masih aktif ini. Penuh bebatuan, hasil dari erupsi gunung merapi. Sampai di puncak sekitar pukul 10.30. Tidak sampai setengah jam di puncak kami memutuskan untuk turun dikarenakan kabut yang mulai tebal dan bau belerang yang sangat menyengat. Setelah packing kami terus turun sampai di basecamp dan bersiap - siap untuk pulang ke jogja.
Dari perjalanan kemarin, banyak ilmu yang di dapat. Pengalaman teman - temanpun semakin bertambah. Dengan kegiatan kemarin diharapkan skill dan pengetahuan teman - teman terus berkembang, dan bisa ditularkan kepada adik - adik angkatan esok.



Post a Comment

0 Comments