Pendakian Gunung Sindoro 26-28 Mei 2012 Lewat Kledung Temanggung Jawa Tengah

Assalamulaikum wr wb
langsung saja berikut adalah catatan perjalanan kami dari Gunung Sindoro(3.136 mdpl) lewat jalur kledung temanggung jawa tengah .

Hampir saja terlewatkan oleh kami , salah satu gunung dari sekian banyak gunung di Jawa Tengah, yaitu Gunung Sindoro (3.136 mdpl). Dengan kondisi medan yang terjal, suhu yang dingin, hujan, angin, panasnya sengatan matahari serta tidak adanya sumber air menjadi tantangan utama bagi kami dalam pendakian kali ini.

Langsung saja berikut catatan perjalanan kami, Erapala(Adi, Bita, Adhe) bareng Simbah, A’ong, Endah, Indah dan Ika naik Gunung Sindoro lewat jalur pendakian Kledung Temanggung Jawa Tengah.

Transportasi Kami
Naik motor dari Jogjakarta ke Temanggung lewat jalur Magelang Kota dan temanggung. Berangkat jam 18.00 dengan lalu lintas yang cukup padat, sampai di kledung jam 21.30. Sempet dilarang masuk ke kledung karena lagi ada pengajian tapi akhirnya bisa masuk ke basecamp juga setelah kami diberi tahu suruh lewat jalan pintasnya.

Jika masih belum jelas di mana letak basecamp pendakian Gunung Sindoro, jangan malu bertanya kepada penduduk setempat.

Catatan Pendakian
Setelah sampai di basecamp sindoro, motor dimasukkan , kemudian mencatat di buku tamu ,trus bayar untuk parkir dan lain-lain, tidak lupa kami meninggalkan kartu identitas. Sambil ishoma, dan persiapan pendakian bisa melihat peta pendakian

Peta Pendakian Gunung Sindoro

Jam 22.00 : Mulai mendaki
setiap ada yang capek  kita berhenti istirahat 5-8 menit karena tujuan kita adalah fun dan tidak kejar target harus cepet sampe puncak. Perjalanan kami pun dibuat se have fun mungkin.

Jam 01.00 : Kita putuskan untuk beristirahat di pos 2, soalnya kayaknya dah pada ngantuk dan laper. Bekal pun dikeluarkan sambil bagi tugas ada yang buat mie, kopi dan api unggun, yang tidur juga ada.

Jam 01.45 : Melanjutkan perjalanan menuju pos 3
Menuju Pos III medan mulai terjal dan berbatu, jalan tanah bercampur kerikil seringkali menyulitkan pendakian kami.

Jam 04.30 : Kita sampai di pos 3 diasambut alunan suara adzan yang masih terdengar sampai pos 3.
kemudian mendirikan tenda, sholat, bikin kopi sambil foto-foto

Bernarsis ria di Pos 3 dengan View Gunung Sumbing

Indahnya Sunrise di Pos 3

Masak-masak dulu sebelum melanjutkan perjalanan

Jam 11.00 : Melanjutkan perjalanan naik ke puncak, jarak puncak dari pos 3 masih jauh, sekitar 4 jam perjalanan menurut perhitungan kami sih.

Setiap lihat bukit., ayo sedikit lagi sampai puncak, ehhh...ternyata bukan puncak

Puncaknya koq belum kelihatan, cape deh...
Tinggal kira-kira 1 jam lagi sampai puncak malah turun hujan, tapi tetap tidak mengendurkan semangat kami

Jam 17.00 : Akhirnya sampai puncak juga
Langsung diriin tenda, ganti pakaian yang basah kuyup karena kehujanan tadi, gelar matras dan SB kemudian tidur.

Jam 21.00 : Bangun tidur, masak mie dan bikin kopi untuk menghangatkan badan.Kemudian lanjutin bobok.

Bangun jam 04.30 , beres-beres dan sholat subuh dulu, setelah itu foto-foto

View Gunung Sumbing, Merbabu dan Merapi dari puncak

Sunrise dari Puncak

Keliling Puncak
Setelah jemurin pakaian yang basah, kita naik dan keliling puncak untuk melihat pemandangan sekitar

Seperti Bukit Teletubies

Area Puncak Yang Luas Seperti Lapangan Bola

Narsis di Tugu Puncak Tertinggi dengan Latar Gunung Prahu Dieng

Area Kawah Dilihat dari Atas Puncak

Setelah capek keliling-keliling puncak, istirahat sambil.....

Makan-makan

Waktunya Turun
Jam 11.00 kita mulai turun, tapi sebelum turun gak afdol rasanya kalau belum foto bareng di puncak

Mantap...

Sampai di basecamp jam 17.30. Total waktu turun kami sekitar 6,5 jam.

Kiranya cukup sekian cerita dan catatan pendakian kami, semoga bermanfaat. ^_^