Pendakian Gunung Merapi Jalur Selo Jateng 7 – 8 Juli 2012

Transportasi : Naik Motor
Menuju basecamp merapi di Selo : Start dari Jogja - Blabak Magelang. Dari Blabak Magelang - Ketep Pass - Ke  Selo : sekitar 1 jam
Terus setelah tiba di gerbang desa selo, sekitar 10 menit kita melewati jalan beraspal yang cukup menanjak tuk sampai ke basecamp.

Base Camp Merapi Jalur Selo Beserta Peta Pendakianya

Suasana di Base Camp (maaf jelek, pake kamera hp)

Kebetulan pas malam itu lagi ada pendakian massal dari solo dan boyolali, jadi ramai banget kayak pengungsi banjir.

Kita ringkas aja uraian trek sepanjang pendakian:
Dari base camp perjalanan dilanjutkan menuju joglo dengan jalur masih berupa jalan aspal dengan waktu tempuh kira-kira 10 menit.

Penampakan Joglo Dengan Tulisan NEW SELO

Dari Joglo, kita melanjutkan perjalanan jalan setapak kecil yang berada disamping tempat ini menuju pos Tugu I. jalur yang kita lewati masih didominasi ladang penduduk dengan medan batuan kecil dan tanah yang sangat berdebu karena pas musim kemarau.

Disarankan sebaiknya menggunakan masker pas musim kemarau karena medanya sangat berdebu.

Dari Pos I Perjalanan dilanjutkan menuju Pos Tugu II, dengan jalur yang curam dan penuh bebatuan besar.

Istirahat sambil Foto-foto sebelum melanjutkan Perjalanan

Menuju pasar bubrah. medan pendakian masih serupa dengan medan pendakian sebelumnya.
Menjelang pasar bubrah kita melewati beberapa memoriam yang berada pada sebuah dataran yang menjadi puncak sebuah punggungan. dari sini kita turun menuju pasar bubrah.Pasar bubrah berada pada sebuah lembahan yang dipenuhi batu - batu besar yang berserakan.

Sampai pasar bubrah langsung ndiriin tenda, bikin kopi, makan-makan dan nunggu sunrise sambil foto-foto.

Sunrise via Pasar Bubrah

Sunrise Via Pasar Bubrah

Narsis Dulu sebelum Masak...Yoman

Sarapan Mas Dab.

Setelah selesai sarapan kami melanjutkan perjalanan menuju ke puncak garuda, yang diperhitungkan kira-kira akan menempuh waktu sekitar 1 jam.
Jalur ke puncak garuda sangat curam, dengan jalan berpasir dan batuan vulkanis yang mudah longsor.

Medan Menuju Puncak Yang Sangat Curam
Medan Yang Sangat Curam dan Bebatuan Yang Mudah Longsor

Setelah menempuh waktu hampir 3 jam karena harus mengawal cewek-cewek. akhirnya kami sampai puncak garuda juga. Langsung ambil kamera dan cpret...cpreett...!!!

Mantap.
Foto Bareng Nak" Dari Solo.

Penampakan Kawah Dari Puncak. Serem Juga.

Setelah puas foto-foto di puncak, waktunya turun ke Camp kami di pasar bubrah.

Sampai di Camp, makan-makan dulu buat persiapan turun, packing dan jpret...!!!

Mantap.

Turun sampai di pendopo New Selo memakan waktu kira-kira 3 jam. Kami makan dulu di pendopo setelah itu turun lagi ke base camp, lapor, dan pulang.