Pendakian Gunung Sindoro, Jawa Tengah

Tanggal 30 Juli 2010 Mapala STMIK El Rahma Yogyakarta mengadakan kegiatan pendakian. Pendakian kali ini mengambil lokasi di Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah. 4 Personil erapala plus 1 rekan rexapala mengikuti pendakian ini yaitu Deka, Fahmi, Ade, Izzah dan Dalbow. Berangkat dari Jogja sekitar pukul 11 siang berhenti di daerah Muntilan untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat. Pukul 13.00 dilanjutkan perjalanan menuju kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Pukul 15.30 sore sampailah di Basecamp pendakian Sindoro di desa Kledung. Di basecamp kami menemui beberapa pendaki yang baru saja turun, mereka dari Pekalongan.

Persiapan di mulai dengan packing ulang perlengkapan dan dilanjutkan dengan istirahat sebentar. Sekitar pukul 22.00 Malam, kami mulai melakukan pendakian. Perjalanan dimulai dari ladang – ladang petani yang lumayan panjang. Sekitar 30 menit perjalanan kami baru memasuki kawasan hutan sindoro. Kami terus memasuki kawasan hutan dan mulai trasa jalur pendakian ngetrack. Jalan berbatu yang menanjak mulai kami temui menjelang POS 3 tempat kami ngecamp. Sampai di POS 3 sekitar pukul 00.30, karena kondisi hujan kami putuskan untuk membangun tenda.

Kesokan harinya kami lanjutkan perjalan menuju puncak. Perlu 3 jam untuk mencapainya. Sampai puncak kami sempatkan mengambil gambar dan berisitirahat sebentar. Sekitar 1 jam di puncak kami siap – siap untuk turun kembali. Pada saat turun ini kabut mulai datang dan angin dingin mulai menemani perjalanan kami. Sampai di basecamp sudah lumayan gelap. Setelah bersih – bersih waktunya untuk tidur dan siap – siap untuk pulang kesokan harinya.