Erapala Ikuti Cave Rescue 3 di Gunung Kidul


Tanggal 23 – 27 kemarin Arisan Caving Yogyakarta (ACY) Sekber PPA DIY mengadakan kegiatan Rescue Goa atau Cave Rescue. Kegiatan yang di ikuti oleh rekan – rekan mapala dengan spesialisasi kegiatan caving ini mengambil tempat di 3 goa. Ketiga goa tersebut adalah luweng cokro dan goa gremeng di daerah ponjong dan goa seropan di daerah Semanu Gunung Kidul. Materi pertama yaitu self rescue dan rescue goa berair. Self rescue adalah teknik penyelamatan / rescue individual. Dimana korban ditangani oleh personal. Untuk rescue goa berair di gremeng, dilaksanakan simulasi penanganan korban di dalam goa termasuk setting drakbar dan evakuasi keluar goa.

Materi kedua adalah rescue team (rescue group), dimana dalam pelaksanaanya membutuhakn kerja secara tim / kelompok. Kasus pada materi ini adalah penyelamatan korban di dasar goa vertikal. Dalam materi ini perlu pembagian tugas kepada masing – masing personal mulai dari rigging, penanganan korban, setting korban di drakbar hingga operator evakuasi. Masing – masing lini saling membantu untuk cepat menaikkan korban dari dalam goa.

Materi ketiga di hadapkan dengan latihan simulasi SAR. Mulai dari pembagian SMC, OSCAR sampai ke unit – unit dilapangan atau SRU. Lokasi kegiatan dipusatkan di goa seropan. Kasus pada simulasi ini ada beberapa orang yang sedang explore goa dan salah satunya jatuh ketika menuruni air terjun di dalam goa. Akibatnya korban patah tulang kaki dan tangan sebelah kanan. Tim yang di koordinasikan oleh SMC selanjutnya mengintruksikan SRU – SRU untuk mencari dan melakukan penyelamatan korban. Terdapat beberapa SRU yang mempunyai tugas seperti penanganan korban, rigging lintasan evakuasi, pengamanan lintasan ( leftline) dan juga tim evakuasi keluar  goa.(vachmee.wordpress.com)

Post a Comment

0 Comments